RAGAM

Ilegalnya Seniman Tato di Korea Selatan

Korea Selatan atau terkenal dengan sebutan Negeri Ginseng, tidak hanya populer di kalangan anak muda yang terjangkit virus K-pop dan K-drama.

Hal tersebut terjadi karena banyaknya anggapan kalau Korea Selatan adalah Negara yang bebas. Namun, kebebasan itu tidak sepenuhnya dimiliki Korea Selatan. Apakah kalian tahu bahwa menjadi seniman tato ilegal di Korea Selatan?

Sebenarnya tidak ada larangan khusus jika warga Korea Selatan mempunyai tato terutama jika mereka membuat tato di luar negara tersebut.

Membuat tato di Korea Selatan secara legal yaitu dengan menggunakan dokter medis yang berlisensi, selain dokter maka hal itu ilegal.

Di luar dari itu banyak dokter berpendapat bahwa seni tato merupakan hal berbahaya yang dapat menimbulkan penyakit kulit, bahkan kanker.

Tato juga menjadi stigma bagi masyarakat Korea Selatan, stigma ini berawal dari tato yang dijadikan identitas gangster atau kelompok penjahat.

Banyaknya seniman tato serta stigma masyarakat Korea Selatan membuat seniman tato kesulitan berekspresi, bahkan mereka harus menutupi tato yang ada di tubuhnya ketika ia sedang berada di luar.

“Jika berbicara mengenai tato adalah hal yang kontroversial dan sensitif untuk dibicarakan, tapi menurut saya untuk sekarang tato sangat populer di kalangan anak muda, namun masih sulit diterima bagi generasi orang tua, karena bagi mereka tato identik dengan gangster dan penjahat, bahkan saya pernah dilaporkan ke polisi oleh seorang nenek karena tato saya dianggap membuat dia tidak nyaman dan saya didenda karena hal tersebut,” ujar Kim yang sudah menjadi seniman tato selama 7 tahun.

“Selain itu kami bekerja secara ilegal yang secara tidak langsung saya melakukan tindakan kriminal. Saya tidak bisa mempublikasikan studio tato saya secara terang-terangan dan menurut saya sangat aneh bila hanya dokter medis yang berlisensi yang dapat dengan bebas melakukan seni tato, yang kenyataannya hampir seluruh tato studio di Korea Selatan adalah ilegal.” tambah Kim sambil memainkan penanya.

Ternyata dibalik kepopuleran Negeri Ginseng ini menyimpan banyak hal menarik untuk dibahas lebih lanjut, salah satunya apa yang sudah Viaduct bahas di atas. Menarik bukan? Sampai jumpa di lain waktu!

[Penulis : Wulan Nurasih Dian Putri]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *