RAGAM

Sang Pembunuh Ulung Dunia

Markis Kido (Sumber : Bola.com)

Dunia Olahraga Indonesia digemparkan dengan berita kematian legenda bulu tangkis nasional, Markis Kido. Dikutip dari KOMPAS.COM, pria kelahiran 11 Agustus 1984 ini mengalami serangan jantung dan tejatuh di lapangan ketika bermain bulu tangkis di GOR Petrolin, Tangerang. Saat itu ia sedang bermain bersama rekan-rekannya. 

Christian Eriksen (Sumber : fin.co.id)

Tidak hanya Markis Kido, seorang pesepak bola asal Denmark, Christian Eriksen juga belum lama mengalami tragedi yang serupa ketika membela negaranya pada laga Grup B Euro 2020 melawan Finlandia. Pada menit ke 42 laga tersebut, Christian Eriksen sempat terjatuh dan tidak sadarkan diri di tengah lapangan yang diduga mengalami cardiac arrest atau keadaan jantung berhenti berdetak.

Pasti muncul pertanyaan dibenak kalian, mengapa atlit yang notabene bergaya hidup sehat dan melakukan olahraga secara rutin yang seharusnya memiliki jantung yang sehat bisa mengalami masalah jantung seperti Markis Kido dan Christian Eriksen? Mari kita ulas penyebab, gejala, dan cara penanganan Cardiac Arrest

Cardiac Arrest bisa terjadi diakibatkan oleh 2 faktor utama, yaitu Fiblrilasi Ventrikel yang merupakan kondisi saat irama jantung berubah secara drastis dan cepat, dan menyebabkan sirkulasi oksigen dalam darah berhenti total. Lalu Fibrilasi Atrium, yang disebabkan karena bilik atas jantung tidak berfungsi secara optimal. Selain 2 faktor diatas juga ada beberapa kondisi dan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, obesitas, tekanan darah tinggi, dan lain – lain.

Gejala – gejala yang dapat dilihat/dirasakan secara pasti adalah nyeri dada, denyut nadi berhenti, kesulitan bernafas, dan pingsan. Lalu bagaimana cara menangani seseorang yang mengalami Cardiac Arrest? Satu–satunya cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan tindakan Crdiopulmanory resuscitation atau yang lebih dekenal dengan sebutan CPR, lalu dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan tindakan intensif oleh dokter.

Cardiac Arrest ini sendiri dapat mengakibatkan kematian, jadi apakah teman – teman ingin mengalami hal tersebut? Jika tidak marilah mulai hidup sehat dan mengubah pola makan untuk menurunkan tekanan darah, dan giat melakukan olahraga yang melatih kesehatan kardiovaskular atau jantung.

 

( Penulis : Taruna Ardy Matthew )

Sumber Foto : webmd.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *