OPINI

Misteri Kematian Wakil Bupati Sangihe

Terkait misteri kematian Wakil Bupati Sangihe Helmud Hontong dalam penerbangannya kembali ke Manado yang sampai sekarang menimbulkan tanda tanya besar , yang pada saat itu  sebelum kepergiannya Helmud Hontong menolak memberikan izin tambang emas kepada pemerintahan setempat. Banyak hoaks yang beredar terkait kematiannya di racun. Menurut saya kasus seperti ini tidak bisa spontan untuk memberikan pernyataan langsung yang belum ada informasi atau kejelasan. Yang pasti jangan langsung menyebarkan berita hoaks yang membuat media menjadi ambigu dan masyarakat menjadi resah. Hal tersebut sangat sering terulang. Karena mengetahui atas kejadian tersebut Polisi pun langsung bergerak untuk menginvestigasi kejadian kematian nya Helmud Lontong. Apa sebenarnya penyebab utama kematian Wakil Bupati Sangihe? Pihak Polisi dan medis & sudah melakukan autopsi dan dapat disimpulkan bahwa ada riwayat komplikasi penyakit menahun yang dideritanya.

Sungguh berbagai banyak opini-opini yang membuat masyarakat menjadi bingung dan juga rakyat di daerah Sangihe pun bingung karena misteri kematiannya atau kepergiannya yang membuat mereka menjadi geram. Jadi berita yang akurat seperti yang dilansir dari Kumparan.com yang dimana sudah dilaksanakan pembicaraan antara pihak kepolisian dan medis yang mengautopsi beliau, bahwa yang di deritanya dalam uji autopsi tidak ada kandungan racun di dalam tubuh beliau sedikitpun.

Ini suatu fenomena yang tidak disangka bahwa beliau meninggal dalam keadaan membela keutuhan tanah di Sangihe yang dijadikan tambang emas yang tentu akan merusak kekayaan alam disana , seperti hewan-hewan langka seperti burung , dan banyak hewan-hewan langka yang ada disana. Tentunya tidak banyak bupati yang baik seperti ini , sebab banyak netizen yang mempersoalkan tambang dan meninggalnya beliau, walaupun memang belum ada kepastian yang cukup untuk membuktikan data tersebut tetapi peristiwa ini menjadi peristiwa yang tidak terlupakan dalam sejarah. Jadi kesimpulannya adalah untuk mencari tau kepastian dari suatu berita sebelum memberi komentar atau memberi pra sangka terhadap suatu insiden yang belum diketahui fakta nya.

 

( Penulis : Mizzi Maqdizi Erman ) 

Sumber Foto : tirto.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *