RAGAM

4 Rekomendasi Hewan Reptil Untuk Pemula

Hai guys, di masa PPKM seperti ini kalian pasti bingung kan untuk mencari kegiatan yang tidak membosankan karena hanya dirumah saja. Kali ini aku bakal kasih beberapa rekomendasi hewan yang unik dan juga bisa mengisi waktu kalian untuk merawat  hewan ini agar tidak membosankan ketika kalian dirumah saja. Di antara kalian pasti ada dong yang punya keinginan untuk memelihara hewan tetapi tidak mau yang mainstream seperti anjing atau kucing, ini dia 4 rekomendasi hewan reptil untuk pemula.

  • Leopard Gecko 
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Yang pertama adalah Leopard Gecko mengapa hewan ini cocok menjadi peliharaan? Karena Leopard gecko memiliki berbagai macam Morph dan warna yang cantik dan karakternya yang jinak sangat cocok dipelihara oleh pemula. Perawatannya juga mudah tidak memerlukan kandang yang besar karna Leopard gecko hanya memiliki ukuran maksimal 20-30cm sehingga tidak terlalu membutuhkan tempat yang besar. Dalam memberikan makan juga mudah Gecko hanya memakan serangga dan hanya diberikan 2 hari sekali sekita 3-5 serangga. Mudah bukan memelihara Gecko? Jadi buat kalian yang masih bingung langsung aja cari leopard gecko, harganya juga relatif terjangkau kisaran 300rb hingga 1juta rupiah. Bahkan pada morph tertentu yang tergolong langka Leopard Gecko bisa mencapai harga puluhan juta.

 

  • Bearded Dragon 
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Selanjutnya ada Bearded dragon atau naga berjanggut hewan ini merupakan hewan yang berasal dari Australia. Hewan ini cukup mudah dipelihara karena tidak terlalu susah dirawat dan juga karakternya yang jinak. Makannya pun gampang hanya sayuran dan serangga, Ketika Bearded dragon masih baby dia memakan 30% sayuran dan 70% serangga seperti jangkrik dan ulat Hong Kong. Ketika sudah besar dia memakan 70% sayuran dan 30% serangga. Persiapan yang dibutuhkan sebelum memelihara bearded dragon adalah kandang yang harus dipersiapkan, semakin besar kandang semakin cepat besar pertumbuhan Bearded Dragon namun kebanyakan orang yang memelihara menggunakan terrarium ukuran 60x40cm sudah cukup, lalu selanjutnya hal yang harus dipersiapkan adalah lampu UVA dan UVB karena dihabitat aslinya hewan ini memerlukan suhu yang tinggi oleh sebab itu kita harus menyiapkan lampu UVA dan UVB sebagai penghangat untuk menjaga suhu dikandang. Selain kandang dan lampu kita juga harus meluangkan waktu untuk menjemur Bearded dragon sekitar jam 10 pagi selama kurang lebih 10 menit agar pertumbuhan Bearded dragon semakin baik. Tidak terlalu sulit bukan? Harganya pun masih terjangkau untuk ukuran Baby bearded dragon dijual sekitar 650rb sampai 1jjuta rupiah tergantung kualitas dan gen hewan tersebut.

 

  • Soa Layar / Sailfin Dragon
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Yang ketiga ada soa layar. Hewan ini hewan asli Indonesia, mengapa cocok untuk pemula? Karena hewan ini asli Indonesia jadi tidak terlalu sulit mengatur suhu kandangnya dan mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Bentuknya yang unik dan keren sangat cocok untuk dipelihara. Makannya pun mudah hanya serangga dan buah buahan. Yang perlu diperhatikan untuk memelihara hewan ini adalah ukuran kandang, karena ketika dewasa ukuran hewan ini bisa mencapai panjang lebih dari 1 meter. Cara merawatnya juga mudah hanya perlu menyiapkan kandang dan tempat untuk dia berendam, karena dihabitat aslinya hewan ini tinggal dipinngiran sungai dan suka berenang. Selain tempat berendam kalian juga harus menyiapkan tangkringan seperti kayu untuk dia memanjat karena hewan ini termasuk hewan arboreal atau hewan yang suka memanjat. Karakternya juga jinak hanya sedikit Jumpy itu adalah karakter khas soa hanya perlu sering di handle lama lama karakternya pun akan tenang. Gimana nih sudah tertarik? Harga nya juga tidak terlalu mahal hanya sekitar 250rb sampai 400rb untuk ukuran baby.

 

  • Kura Darat / Tortoise
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Nah yang terakhir ada kura darat, ada banyak jenis kura darat namun yang aku rekomendasiin ada sulcata dan pardalis karena harganya masih bisa dijangkau. Perawatannya pun mudah hanya membutuhkan persiapan Lampu UVA dan UVB karena habitat asal hewan ini sangat panas jadi ketika kita memelihara kura darat kita harus menyiapkan lampu UVA dan UVB agar bisa menyesuaikan suhu seperti di habitatnya. Makan nya pun hanya sayur-sayuran dan umur kura darat ini pun sangat lama bisa mencapai puluhan tahun. Namun itu tidak menjamin kura bisa mencapai umur maksimalnya, tergantung kondisi dan cara perawatannya. Harga sulcata dan pardalis Ketika baby ukuran sekitar 5-7cm berada dikisaran 1,5juta sampai 2,5juta tergantung kondisi kura tersebut. Selain bisa menjadi peliharaan hewan ini juga bisa menjadi investasi jangka Panjang, kebayang dong kalau baby saja harganya segitu, gimana nanti sudah besar ya kan?

 

Nah dari beberapa hewan diatas gimana nih? Kalian sudah tertarik untuk memelihara reptil belum? Kira-kira hewan mana yang cocok dengan kalian? Walaupun aku bilang 4 hewan diatas cocok untuk pemula bukan berarti hewan nya aman 100% tidak akan menggigit ya, karena mereka masih punya insting hewan untuk melindungi diri ketika terancam atau merasa tidak nyaman. Tidak ada 1 hewan pun di dunia yang benar-benar jinak dan bisa dikendalikan 100% bahkan anjing dan kucing pun bisa mencakar atau mungkin menggigit ketika merasa tidak nyaman, jika kalian mencari yang bisa dikendalikan 100% sesuai keinginan kalian beli saja boneka karena bisa diatur sesuka hati. Terimakasih.

 

( Penulis : Brian Caesar Novanto ) 

Sumber Foto : olx.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *