DUNIA KAMPUS

Ruang Edukasi Kala Pandemi

Pandemi seolah begitu betah di negara ini. Lebih dari satu tahun situasi ini menolak untuk pergi. Hal ini berdampak pada setiap elemen kehidupan manusia, tak terkecuali pada ruang-ruang edukasi. Ruang-ruang edukasi kiranya semakin sempit, berbagai restriksi kerap kali menghalangi ruang-ruang ini untuk terjadi. Namun, hal inilah yang berupaya diakali oleh Atma Jaya Business Law Society  (ABLS) lewat kompetisi yang mereka beri nama Atma Jaya Business Law Competition (ABLC) 2021. Kompetisi ini berjalan selama tiga hari dan merupakan ABLC kedua yang dilaksanakan oleh ABLS. ABLC kali ini ditutup oleh sebuah webinar yang bertajuk, “Bincang Tambang”. 

Saya berkesempatan untuk meliput seminar daring yang menutup serangkaian kompetisi yang berlangsung antara 13-15 Agustus 2021 ini. Seminar ini mengundang narasumber-narasumber yang tentunya memiliki kapabilitas pada bidang tambang ini. Barisan narasumber-narasumber itu ialah, Lily Dewi Candinegara selaku External Relation Manager PT Huadi Nickel-Alloy Indonesia Huadi group CBDO, Prof. Dr. Ir. Irwandy Arif, M. Sc. sebagai Stafsus Kementerian ESDM Bidang Tata Kelola Minerba, Fransiska Wibowo, S.H. sebagai Legal Manager PT Bomba Grup. Webinar ini juga dimoderatori oleh dosen Fakultas Hukum UNIKA Atma Jaya, Dr. Kristanto Pustaha Halomoan, S.H., M.H., CHRP SFBiam.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Seminar ini dibuka oleh sambutan-sambutan oleh Dekan Fakultas Hukum Unika Atma Jaya, pimpinan ABLS, juga tentunya ketua panitia dari ABLC ini. Setelah sambutan tersebut, peserta webinar disuguhi penampilan paduan suara oleh kelompok paduan suara Gita Swara Jaya. Webinar dimulai dengan penjelasan mengenai definisi dari pertambangan yang dijawab oleh Stafsus Kementerian ESDM, Prof. Irwandy. Setelahnya, pembahasan mengenai pertambangan menjadi semakin dalam. Dimulai dari kontribusi industri pertambangan di dalam perekonomian di Indonesia, kebijakan pemerintah mengenai pertambangan, persoalan teknologi pertambangan di Indonesia, hingga pengalaman setiap narasumber dalam berperan di bidangnya masing-masing.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Webinar ini cukup memberikan edukasi yang cukup segar dikala situasi yang rumit untuk gelaran diskusi-diskusi ilmiah maupun akademik. Edukasi dan diskusi di dalamnya cukup mengisi waktu luang sekaligus mengisi pengatuhan di dalam kepala kita. Sebuah cara yang menarik untuk beradaptasi, berinovasi, dan mengedukasi.

 

( Penulis : I Gede Oka Kertiyasa ) 

Sumber Foto : atmajayabls.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *