ULASAN

Kemenangan di Kekalahan

Judul Buku : The Old Man and The Sea

Penulis : Ernest Hemmingway

Tahun Terbit : 1952

 

The Old Man and The Sea adalah sebuah novel karya penulis Amerika, Ernest Hemmingway. Ditulis pada tahun 1951, dan diterbitkan pada tahun 1952. Novel ini memenangkan Pulitzer Award pada tahun 1953 serta Penghargaan Nobel Kesusastraan di tahun 1954. 

The Old Man and The Sea menceritakan kisah Santiago, seorang nelayan tua di Kuba yang berjuang untuk menangkap seekor ikan Marlin raksasa di Arus Teluk jauh dari pesisir Kuba. Cerita ini dimulai ketika Santiago kembali ke pelabuhan setelah 84 hari di laut tanpa menangkap seeokor ikanpun. Karena ini, ia dianggap salao oleh para nelayan lain. Salao artinya kesialan paling buruk. Saking parah kesialannya, Manolin, seorang bocah kecil dan muridnya, dilarang untuk ikut memancing bersamanya dan disuruh berlayar bersama nelayan-nelayan lain yang berhasil oleh orang tuanya. Karena kegagalannya tersebut, ia hilang hormat dari para nelayan lain dan ia kehilangan Manolin, muridnya. Santiago pergi berlayar sendirian dan berjuang menangkap ikan raksasa selama tiga hari. Novel ini menceritakan perjuangan Santiago untuk memenangkan kehormatannya di mata para nelayan lain. 

The Old Man and the Sea pantas mendapatkan semua penghargaan yang dimenanginya. Cerita ini memiliki karakter-karakter dan latar yang luar biasa. Santiago adalah sebuah karakter yang hebat dan bermatabat. Ia sudah tua dan terus menerima sial dan malapetaka, tapi terus berjuang. Ia tidak pernah menyerah. Manolin, walaupun ia hanya muncul di awal dan akhir cerita, memberi arwah kehidupan ke cerita ini. Interaksinya dengan Santiago menunjukkan kemanusian didalam hatinya. Cerita ini memiliki hawa yang bagus, sang pembaca merasa langsung di tempat bersama Santiago, Manolin, dan para nelayan. Adegan-adegan Santiago sendirian di perahunya, ditengah laut, berjuang untuk menangkap ikan Marlin itu adalah hati dan intisari dari cerita ini. 

Apakah Santiago meninggal pada akhir cerita? Atau perjuangannya untuk menangkap ikan Marlin itu pada akhirnya membuhnya? 

( Penulis : Dimitri Darek Suryo )

Sumber Foto : target.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *