RAGAM

Balas Dendam Yang Membawa Berkah

Pernah gak sih dari niat balas dendam kalian kepada seseorang kalian juga membawa berkah bagi diri sendiri? Jadi, mau cerita nih guys tentang kehidupan dan jalan karir musisi sekaligus frontman band metal Megadeth yaitu tuan Dave Mustaine.

Dave Mustaine kala muda (Sumber : glogster.com)

Dave Mustaine lahir pada 13 September tahun 1961 di La Mesa, California, Amerika Serikat dan ia dianggap sebagai salah satu pelopor pertama dalam lahirnya genre Thrash Metal sehingga ia dianggap oleh orang-orang mempunyai peran penting dalam pembentukan dan lahirnya genre Thrash Metal bisa dilihat dari segi karya Dave Mustaine di band nya Megadeth serta sifat dan perilakunya yang kritis, yang dimana biasanya di dalam lagu metal berisi kritik-kritik terhadap dunia atau pemerintah.

Pada tahun 1981 Dave Mustaine bertemu dengan James Hetfield (Metallica), Lars Ulrich (Metallica) dalam audisi yang diselenggarakan oleh Lars Ulrich dan James Hetfield dalam rangka mencari pemain gitar untuk band yang dengan nama kita semua pasti pernah dengar yaitu Metallica. Kagum dengan skill Dave Mustaine bermain gitar, Lars Ulrich dan James Hetfield langsung memberikan posisi gitar tanpa basa basi kepada Dave Mustaine dan kemudian terbentuklah Metallica. Akan tetapi kehidupan itu tidak selalu sempurna ya pastinya, Dave Mustaine hanya menghabiskan waktu 10 bulan bersama Metallica dikarenakan ia mempunyai ketergantungan dengan narkoba yang sangat bahaya serta menjadi sangat agresif bila dalam keadaan mabuk alkohol sehingga Lars Ulrich dan James Hetfield memutuskan untuk memecat Dave Mustaine sebelum menggarap album pertama Metallica yaitu “Kill Em All” dengan alasan agar proses produksi dan rekaman album “Kill Em All” berjalan dengan lancar tanpa halangan serta gangguan.

Dave Mustaine (kanan) pada saat masih di Metallica bersama James Hetfield, Lars Ulrich dan Cliff Burton. (Sumber : superlive.id)

Dave Mustaine dengan keputusan Metallica untuk memecat nya membuat dia sangat marah dan depresi. Kemudian ia bersinggah ke Los Angeles dan menyewa sebuah apartemen dan kemudian bertemu dengan David Ellefson (Ex Bassist Megadeth). Mereka berdua kemudian berteman dikarenakan mempunyai selera musik yang sama masing-masing. Kemudian mereka berdua membentuk band dengan nama Megadeth pada tahun 1983. Dalam sebuah wawancara Dave Mustaine mengatakan bahwa ia ingin balas dendam terhadap Metallica dengan membentuk sebuah band yang lebih cepat, sangar dan gahar yaitu Megadeth. 

Megadeth tahun 1990, dengan forması klasik : Marty Friedman, Dave Mustaine, Nick Menza dan David Ellefson (Sumber : twitter.com)

Terbukti dari omongan Dave Mustaine terkait Megadeth yang dimana banyak orang menganggap bahwa Musik dan aransemen lagu-lagu Megadeth lebih cepat dalam tempo dan lebih kompleks. Awal dari niat balas dendam terhadap Metallica membawa berkah terekamnya 15 album Dave Mustaine dengan Megadeth. Album yang dianggap sebagai salah satu kreasi terbaik Dave Mustaine dan Megadeth adalah album ke-4 nya yang berjudul “Rust In Peace” yang dimana album tersebut dianggap sebagai album Thrash Metal terbaik sepanjang masa. Juga album ke-5 mereka yang berjudul “Countdown to Extinction” merupakan album paling laris dalam riwayat penjualan album Megadeth. Walaupun dalam hal penjualan dan popularitas, Dave Mustaine dan Megadeth masih berada di bawah bayangan Metallica. Akan tetapi dengan niat awal Dave Mustaine balas dendam dan tekad nya untuk lebih bagus dari Metallica sehingga membentuk Megadeth membawa berkah baginya sehingga dijuluki salah satu gitaris genre metal terbaik dan bagi para fans metal yang dimana kita mendapatkan 2 band (Metallica dan Megadeth) yang luar biasa. Megadeth sampai saat ini masih aktif berkat Dave Mustaine dan merupakan salah satu anggota “The Big 4” yang berisi Anthrax, Metallica, Slayer dan Megadeth. 

Dave Mustaine tahun 2021 (Sumber : rollingstone.com)

 

 

( Penulis : Jason Hadiman )

Sumber Foto : pinterest.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *