JALAN-JALAN

Keindahan Tersembunyi di Sulawesi Utara

Sulawesi Utara memiliki keindahan yang sudah diakui oleh masyarakat, dimana kota yang paling terkenal adalah Kota Manado. Namun, apakah kalian pernah mendengar  Kota Gorontalo? Kota Gorontalo bisa dibilang memiliki suatu keindahan yang tersembunyi. Perjalanan Jakarta – Gorontalo membutuhkan waktu sekitar 4 jam 15 menit melalui jalur udara. Jika ingin ke Manado, wisatawan dapat menggunakan pesawat kecil dari Gorontalo menuju Manado dengan waktu sekitar 40 menit. Nah, dibawah ini, kita akan membahas lebih dekat keindahan kota Manado dan kota Gorontalo yang dapat dijadikan referensi berwisata,

Pulau Saronde

Tempat Wisata ini berada di Gorontalo, Pulau ini sering disebut-sebut sebagai Maldivesnya Indonesia. Pulau ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut berwarna biru yang jernih, sehingga memanjakan mata para wisatawan. Pulau Saronde sangat cocok bagi wisatawan yang gemar snorkeling untuk menikmati indahnya pemandangan bawah laut.

sumber: dokumentasi pribadi

 

Benteng Otohana

sumber: dokumentasi pribadi

Benteng ini terletak di atas bukit dan menghadap Danau Limboto. Pengunjung yang ingin datang ke sini perlu menaiki sekitar 348 buah anak tangga untuk sampai di lokasi benteng. Sedikit sejarah, Benteng ini dibangun pada tahun 1585 oleh Naha, salah satu anak Raja Ilato dari Kerjaan Limoboto yang dimana benteng ini sebagai salah satu saksi perjuangan masyarakat Gorontalo melawan Portugis.

sumber: travel.kompas.com

 

Danau Limboto

Jika sudah ke Benteng Otohana, tidak afdol jika tidak datang ke danau ini. Danau ini adalah salah satu Danau terbesar di Sulawesi dan danau ini terhubung dengan laut. Kalian dapat menikmati pemandangan disekeliling danau ini dengan menyewa perahu.

sumber: republika.co.id

Taman Laut Olele

Taman laut ini adalah salah satu keindahan yang tersembunyi bagi wisatawan karena belum banyak orang  yang mengetahui keberadaan tempat pariwisata ini. Taman Laut Olele ini memiliki karang-karang yang berwarna warni nan indah, dan banyak ikan hias. Disarankan bagi kalian yang ingin melakukan snorkeling untuk tidak melakukannya di akhir tahun mengingat ombak yang cukup besar.

sumber:nativeindonesia.com

Bunaken

Bunaken merupakan sebuah pulau yang terletak di Teluk Manado. Bunaken adalah bagian dari Taman Nasional Manado, yang dimana bawah laut Bunaken memiliki keindahan yang luar biasa. Jika ingin datang ke Bunaken, dapat menyewa perahu motor dengan memakan waktu sekitar 40 menit.

sumber:tic.wonderin.id

Pasar Ekstrem Tomohon

Jika kalian mempunyai keberanian yang tinggi, kalian dapat datang ke Pasar Ekstrim Tomohon. Pasar ini menjual daging-daging yang tak lazim, seperti daging ular, daging anjing, daging kucing, daging tikus dan monyet sekalipun. Semakin dalam memasuki pasarnya semakin tak lazim daging-daging yang diperjualbelikan.

sumber: dokumentasi pribadi

Danau Linow

Jika sudah selesai mengunjungi Pasar Ekstrem Tomohon, Anda dapat mengujungi Danau Linow. Perjalanan menuju danau ini disajikan dengan pemandangan hijau dari perbukitan yang sangat indah. Pengunjung cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp. 25.000-30.000 dan dapat menikmati keindahan dengan bersantai ria di café yang tersedia.

sumber: duasaudara.com

 

Penulis: Putri Kusuma

Thumbnail: dokumentasi pribadi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *