OPINI

Konami Dengan PES Atau EA Sports Dengan Fifa?

Para pencinta gim olahraga pasti tidak asing dengan kedua gim ini. PES dengan komentatornya yang khas dengan suara pembukanya “ I am Jon Champion and with me here is  Jim Beglin “ dan Fifa dengan intro EA sport its in the game “. Banyak sekali hal yang menarik perhatian para penggemar dari kedua game tersebut.

Lalu bagaimana persaingan kedua game ini? Siapakah yang mendominasi dan bagaimana inovasi mereka yang membuat salah satu diantara mereka menjadi terbaik?

sumber: https://wallpaperaccess.com/fifa-19-ronaldo

Menurut saya Fifa secara gameplay memang unggul jauh dari PES yang membuat sekarang banyak yang memainkan gim Fifa. Sementara PES lebih diunggulkan soal masalah grafik yang lebih realistis. Selain itu fifa memiliki kelebihan yang membuat mereka menang jauh dalam masalah penjualan yaitu pada fitur online dari Fifa yang menjadi daya Tarik tersendiri. Ini membuat permainan Fifa tidak membosankan dengan segudang fitur dan mode baru seperti Volta Football di mana kita bisa merasakan bermain futsal dalam gim Fifa yang notabenenya adalah game sepakbola sehingga  menambah daya tarik Fifa bagi para player tentunya.

sumber: https://wallpapercave.com/ronaldo-pes-wallpapers

Saya sendiri dulu adalah pemain dari PES dan juga Winning Eleven hingga pada tahun 2013 saya mulai mengenal gim serupa tetapi berbeda nama yaitu FIFA. Setelah itu hingga sekarang saya jatuh cinta pada Fifa dengan segala fitur dan gim yang semakin realistis. Menurut saya, pada permainan PES akan lebih mudah  mencetak gol sementara di Fifa sulit sekali untuk mencetak gol. Namun, pada masa sekarang, 2022 PES telah berganti nama menjadi E-Football dan game mereka pun dijual. Kedua gim ini sangat saya kagumi, terutama para kreatornya karena mereka telah membuat masa kecil hingga masa dewasa saya cukup menyenangkan serta menghibur. Harapan saya akan ada Fifa dan E-Football atau PES hingga saya tua nanti.

 

Penulis: Manatap Gurion

Thumbnail: Goal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *