LIFESTYLE RAGAM

Britpop, Bukan Cuma Oasis dan Blur!

Britpop atau British Pop adalah sebutan untuk sebuah gerakan musik atau subgenre dari rock alternatif yang sangat populer di Inggris pada tahun 1990-an. Tindakan beserta penampilan rock alternatif dari 1980-an dan awal 1990-an adegan indie adalah nenek moyang langsung dari gerakan britpop. Seperti skena Madchester yaitu kumpulan band dari Manchester, Inggris yang di pelopori oleh The Stone Roses, Happy Mondays dan Inspiral Carpets yang merupakan akar langsung dari Britpop karena penekanannya pada momen-momen indah dan lagu-lagu yang menarik memberikan alternatif bagi gaya genre rock alternatif. Mendengar kata britpop, pasti yang muncul di benak pikiran adalah dua band yaitu Oasis dan Blur yang dimana kedua band tersebut dianggap sebagai dua raja britpop! Namun bukan hanya dua band itu, lho di skena dan genre britpop, berikut adalah 5 band britpop yang tidak kalah keren dengan Oasis dan Blur.

  • The Verve
Sumber: zonakamu.com

The Verve adalah band rock yang berasal dari Kota Wigan, Inggris yang dibentuk pada tahun 1990 oleh Richard Ashcroft (vokal), Nick McCabe (gitar), Simon Jones (bass) dan Peter Salisbury. The Verve lebih menekan penuturan musik mereka ke arah psychedelic rock. Karya terbaik mereka adalah album “Urban Hymns” di mana album tersebut merupakan salah satu album terlaris dalam sejarah UK Albums Charts.

  • Pulp
Sumber: Pinterest.com

Pulp adalah band rock yang berasal dari Sheffield, Inggris yang terbentuk pada tahun 1978. Pada era tahun 1980-an band tersebut belum menemukan kesuksesan, namun gebrakan terjadi pada rilisan album mereka yang berjudul “His n Hers” pada tahun 1994 dan khususnya album “Different Class” pada tahun 1995 yang meraih tempat nomor satu di UK Albums Charts mereka dapat menasbihkan diri sebagai salah satu band britpop terbaik. Gaya musik band Pulp adalah disko pop-rock. Formasi Pulp yang paling dikenal adalah Jarvis Cocker (vokal,gitar,keyboard), Russel Senior (gitar,biola), Candida Doyle (keyboard), Nick Banks (drum), Steve Mackey (bass), Mark Webber (gitar,keyboard).

  • Suede
Sumber: last.fm

Suede adalah band rock yang terbentuk pada tahun 1989 di London, Inggris yang  beranggotakan 5 orang yaitu Brett Anderson (vokal), Richard Oakes (gitar), Matt Osman (bass), Neil Codling (gitar) dan Simon Gilbert (drum). Pada tahun 1992 Suede dicap sebagai band baru inggris yang terbaik oleh Melody Maker. Pada tahun 1993, Suede merilis album debut mereka yang berjudul “Suede” yang kemudian menjadi album debut dengan penjualan tercepat dalam sepuluh tahun terakhir dalam UK Albums Chart. Suede memiliki gaya musik seperti genre glam rock yang kemudian dicampurkan dengan lirik-lirik yang bernuansa aksen negara Inggris.

  • Supergrass
Sumber: theguardian.com

Supergrass adalah band rock yang terbentuk pada tahun 1993 di Oxford, Inggris yang beranggotakan empat orang yaitu Gaz Coombes (gitar dan vokal), Rob Coombes (keyboard), Mick Quinn (bass) dan Danny Goffey (drum). Album pertama mereka yang di rilis pada tahun 1995 berjudul “I Should Coco” merupakan album debut dengan penjualan yang terbaik sejak album The Beatles “Please Please Me” dalam label Parlophone Records (record label mereka).

  • Cast

 

Sumber: the-prasetyos.net

Cast adalah band rock yang terbentuk pada tahun 1992 di Liverpool, Inggris oleh John Power (vokal,gitar), Peter Wilkinson (bass), Liam Tyson (gitar) dan Keith O’Neill (drum). Muncul dari gerakan Britpop pada pertengahan 1990-an, Cast menandatangani kontrak dengan Polydor Records dan album debut mereka All Change (1995) menjadi album debut dengan penjualan tertinggi untuk label tersebut. Sukses komersial dilanjutkan dengan album Mother Nature Calls (1997) dan Magic Hour (1999).  Noel Gallagher (Oasis) menganggap bahwa band Cast merupakan “The Who pada era 1990-an” yang dimana The Who merupakan band legendaris Inggris seperti The Beatles dan The Rolling Stones.

 

Penulis: Jason Hadiman

Thumbnail: nme.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *