RAGAM

Netflix and Chill Yukzz

Liburan tiba liburan tiba!!! Abis pusing-pusing mikirin tugas dan UAS paling nikmat tentu mencari hiburan. Mau cari hiburan yang murah tanpa perlu keluar rumah dan nambah ilmu soal hukum? Ya, nonton film jawabannya! Berikut adalah rekomendasi film seputar hukum untuk sobat-sobat semua.

  • Suits
Sumber: primevideo.com

Suits merupakan serial yang tayang di Netflix sejak tahun 2011. Film ini menceritakan mengenai seorang jenius bernama Mike Ross yang tidak sengaja hadir dalam interview yang diadakan oleh pengacara senior bernama Harvey Specter untuk mencari rekan juniornya. Berkat kejeniusan serta seringnya Mike Ross menjadi joki dalam ujian hukum dia berhasil lulus dalam interview tersebut. Namun ada beberapa rahasia besar yang ditutupi oleh Mike Ross dan Harvey Specter, yaitu Mike bukan seorang lulusan hukum dari Harvard. Walaupun begitu, mereka dapat bekerja sama dengan baik bahkan sempurna dalam tim untuk memecahkan dan memenangkan perkara. Alur cerita film ini sungguh menarik, dan melatih kita untuk berpikir kritis layaknya seorang pengacara.

  • Sleepers
Sumber: netflix.com

Empat orang remaja bernama John, Tommy, Shakes dan Michael yang tinggal di sebuah lingkungan yang “keras” bernama Hell’s kitchen, Manhattan harus dipenjara karena mencuri dan melukai seorang penjual hot dog. Penjara ternyata menjadi momok menakutkan dan mimpi terburuk mereka, mereka disiksa dan dicabuli bahkan diperkosa oleh para sipir. Ketika mereka keluar dari penjara mereka sepakat untuk menyimpan dan menutup cerita  karena begitu berat dan menyakitkan untuk dihadapi. Tahun berjalan silih berganti namun dendam yang mereka simpan bak bola salju dan titik puncaknya adalah ketika John dan Tommy membunuh salah satu sipir. Michael yang bekerja sebagai pengacara pun mendapat tugas untuk menyelesaikan kasus tersebut. Michael bekerja sama dengan Shakes yang bekerja sebagai wartawan untuk mengekspos dan membeberkan fakta pedih yang mereka alami di masa lalu.

  • Lincoln Lawyer
Sumber: imdb.com

Lincoln lawyer merupakan salah satu serial terbaru dari Netflix. Michael Haller, seorang pengacara andal yang berpergian kemanapun dengan mobil Lincoln-nya. Mickey mengalami kecelakaan ketika berselancar dan karena kecelakaan tersebut ia harus berhadapan dengan permasalahan ketergantungan obat yang mengakibatkan ia harus berhenti berpraktik selama satu tahun. Namun, suatu ketika ia dipanggil oleh Hakim Agung untuk meneruskan sebuah firma hukum beserta seluruh kasus dari seorang pengcara terkenal yang meninggal karena ditembak. Mickey harus berusaha bangkit dari keterpurukannya dan kembali ke performa terbaiknnya. Serial ini mengajak kita untuk berpikit memecahkan teka-teki beberapa kasus. Drama dan misteri yang disajikan cukup menarik, sehingga tidak bosan untuk menontonnya.

  • The Life of David Gale
Sumber: imdb.com

Film ini bercerita mengenai David Gale, seorang akitivis anti hukuman mati beserta pergerakannya. David Gale merupakan seorang yang terpandang, selain karena idealismenya akan nilai-nilai kemanusiaan ia juga menjabat sebagai  kepala departemen filsafat di Univesity of Austin. Namun namanya mulai tercoreng ketika ia dituduh memperkosa mahasiswi yang menggodanya, hal ini membuat karir dan rumah tangganya hancur. Tidak berapa lama kemudian, ia juga didakwa membunuh temannya yang juga aktivis anti hukuman mati. David dijatuhi hukuman mati, namun di hari-hari terakhirnya ia meminta seorang jurnalis untuk mewawancarainya dan mengungkapkan sebuah fakta yang terjadi. Alur cerita film ini maju mundur sehingga menambah rasa penasaran untuk memecahkan misteri dibalik hukuman mati terhadap David Gale.

  • The Trial of Chicago 7
Sumber: concord.com

Film ini diangkat berdasarkan kisah nyata persidangan di tahun 1969 terhadap aktivis anti perang yang berasal dari beberapa kelompok pergerakan yang berbeda. Awal cerita dimulai dari aksi demonstrasi yang menuntut pemerintah Amerika Serikat menghentikan pengiriman pasukan ke Vietnam. Namun, aksi tersebut berujung bentrok antara massa aksi dengan polisi. Dari aksi tersebut ditetapkan 7 tersangka yang dianggap sebagai provokator, proses persidangan berjalan kotor dan tidak menggambarkan adanya keadilan. Cerita ini mungkin selaras dengan apa yang terjadi dewasa ini, bagaimana kriminalisasi yang merajalela terhadap para aktivis dan represifitas kepada demonstran. Film ini cocok menjadi bahan cerminan dan pelajaran baik para aktivis, aparat penegak hukum, serta masyarakat umum dalam menghadapi gelombang demonstrasi yang terjadi di masa sekarang.

 

Penulis: Alva Radimpos Exaudio

Thumbnail: togetherprice.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *