RAGAM

Tim-Tim Unggulan Juara Liga 1

Perubahan bongkar pasang tim merupakan hal yang lumrah bagi para kontestan klub liga 1. Setiap tim berburu untuk dapat mengarungi liga musim depan. Pada Piala Presiden yang merupakan turnamen pra musim rutin tahunan terlihat sudah  sudah jelas gambaran tim serta skuad yang akan mengarungi musim baru mendatang bagi setiap kontestan. Berdasarkan pefroma dan materi tim yang akan berlaga serta persiapan yang dapat dilihat dari pefroma pada turnamen dan uji coba pea musim, penulis memprediksi  4 tim unggulan yang kiranya mampu bersaing di kasta tertinggi sepak bola Indonesia . Berikut ulasan lengkapnya:

  • Persib Bandung
Sumber: detik.com

Persib Bandung musim lalu memberikan perlawanan sengit dalam perburuan gelar juara melawan Bali United. Namun, materi skuad musim lalu yang dapat dinilai cukup mumpuni ternyata tidak cukup untuk membuat Maung Bandung mendapatkan titel juara. Dengan pengalaman pahit musim lalu yang dirasa tidak memenuhi target,  Manajemen Persib memberikan suplai pemain berkualitas dengan mendatangkan Ciro Alves, Rachmat Irianto, Fitrul Dwi Rustapa  hingga Ricky Kambuaya. Meskipun kehilangan bek veteran Ardi Idrus, melihat skuad yang dipunyai Persib sekarang ditambah kualitas pelatih berpengalaman sekaliber Robert Rene yang sudah malang melintang di dunia persepakbolaan Indonesia, Persib Bandung bisa menjadi kandidat juara.

  • Persija Jakarta
Sumber: sportsstars.id

Bila kita membahas Persib kita tidak bisa, mengesampingkan sang rival abadi, Persija Jakarta. Persija pada musim kemarin dinilai gagal total. Bertengger di posisi ke 8 bukanlah sebuah prestasi untuk tim sekelas Persija. Dengan menilai gagalnya musim lalu, Persija melepas semua pemain asingnya termasuk juru gedornya: Marko Simic. Tetapi manajemen melakukan perbaikan dengan mendatangkan pelatih berkualitas dari Jerman, Thomas Doll dengan asupan pemain asing yang berkualitas dengan CV mentereng di eropa. Menarik kita tunggu aksi Persija musim depan ditambah dengan regulasi home-away yang pastinya ditunggu oleh The Jak Mania dan diharapkan mampu memberi suntikan moral lebih bagi para pemain nantinya.

  • Borneo FC
Sumber: kompas.com

Borneo FC merupakan salah satu kuda hitam dari 2 tim di atas. Tetapi dengan kualitasnya, Borneo tidak bisa diremehkan. Adanya pemain kawakan yang sarat pengalaman, Javlon Gusyenov ditambah kokohnya Hendro Siswanto di lini tengah musim lalu membuat Borneo FC layak ditakuti. Permasalahan mereka musim lalu adalah mencetak gol. Di mana striker mereka, Fransisco Torres dinilai tidak kreatif dan cenderung pasif sebagai seorang striker. Dengan perubahan dan evaluasi dari manajemen kualitas pemain Borneo FC meningkat dratis dari musim lalu. Datangnya superstar liga 1 , Stefano Lilipaly dan striker baru mereka Matheus Pato yang ditopang playmaker berkualitas Jonathan Bustos yang sejauh ini di Piala Presiden memberikan warna baru bagi Borneo FC.

  • PSIS semarang
Sumber: kompas.com

Melihat materi skuad PSIS musim ini tentu tidak bisa ddipandang sebelah mata, pada selesai musim kemarin manajemen PSIS langsung gerak cepat mendatangkan Taisei Marukawa,  Carlos Fortes , Wawan Febrianto dan bek kokoh, Ali Sesay. Ditambah dengan skuad mereka yang tahun lalu tidak buruk di mana terdapat predator ganas Hari Nur Yulianto membuat tim ini tidak dapat diremehkan. Hasilnya, pada Piala Presiden musim ini, Tim dari Semarang ini menjadi salah satu tim dengan penjebol terbanyak di mana Carlos Fortes sangat mengerikan di depan gawang ditambah kreatifitas dari lini tengah yang dipimpin Taisei Marukawa yang tak kalah menarik untuk ditunggu

Selain tim-tim di atas terdapat juga tim lain yang menjadi unggulan dalam memperebutkan gelar juara seperti Bali United yang memiliki misi untuk mempertahankan gelarnya ditopang  dengan skuad mewah  seperti Eber Bessa, Spasojevic hingga Nadeo Argawinata yang sudah terbukti kemampuanya dibawah komando coach Teco . Arema FC dengan Evan Dimas serta Adilson Maringa yang menjadi tulang punggung tim yang juga tidak dapat disepelekan. Jangan lupakan Bhayangkara FC yang memiliki skuad menjajikan seperti Ruben Sanadi, Jajang Mulyana hingga Muhammad Hargianto dibawah asuhan Widodo Cahyono Putro. Sangat menarik ditunggu aksi tim-tim tersebut sikut sikutan untuk menjadi jawara liga 1 musim depan.

 

Penulis: Manatap Gurion

Thumbnail: bola.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *