Ada Apa dengan Museum DPR RI?

May 7, 2019
adminviaduct

Viaductpress.id – Kalian semua pasti tau museumkan? Museum adalah tempat yang berisikan berbagai peninggalan sejarah dan pengetahuan mengenai kejadian di masa lampau. Menginjakkan kaki pada sebuah museum, memungkinkan kita bersentuhan langsung dengan masa lalu. Sama halnya dengan Museum DPR RI yang terletak di Gedung Nusantara komplek parlemen, senayan.

Museum yang didirikan pada tahun 1992 ini beroperasi dari jam 08:00-15:00 setiap Senin sampai dengan Jumat. Museum yang memiliki area sekurangnya 800m2 ini, menyajikan berbagai cerita dari cikal bakal terbentuknya DPRI RI, melalui berbagai koleksi sejarah yang didapat dari berbagai sumber.

Kira-kira, kapan terakhir kali kamu ke museum? Mungkin banyak orang yang sudah jarang sekali berkunjung ke museum, atau bahkan sudah tidak pernah ke museum sejak lulus dari bangku sekolah. Sekarang ini, museum sudah mulai ditinggalkan masyarakat dan membuat museum menjadi sepi pengunjung. Permasalahan mengenai sepi pengunjung ini ternyata sudah menjadi permasalahan umum, dikarenakan museum belum menjadi pokok rekreasi di kalangan masyarakat. Museum DPR RI ini merupakan salah satu dari sekian banyak museum yang sudah sepi pengunjung. Tetapi, museum DPR RI terbantu dengan kunjungan-kunjungan dari sekolah, kampus dan beberapa komunitas atau kelompok yang membuat museum ini dikunjungi dan didatangi orang-orang.

Saat berkunjung ke museum DPR RI kami menemui Bima Widiatiaga (23/04/19) selaku karyawan di museum tersebut. Menurut Bima permasalahan yang dialami museum bukan hanya kurangnya minat masyarakat untuk datang ke museum, namun dari dalam sendiri juga memiliki permasalahan seperti kurangnya karyawan yang dipekerjakan oleh pihak museum. Saat ini di museum DPR RI hanya terdapat 5 karyawan, pihak museum sempat mengajukan penambahan 6 karyawan namun yang diterima hanya 2 karyawan saja.

Permasalahan lainya seperti kurang koleksi yang dimiliki oleh museum ini. “Di museum ini sendiri hanya ada sekitar 200 koleksi saja, tapi kami masih berupaya untuk menambah koleksi di museum ini. Contohnya seperti di museum proklamasi, walaupun kejadiannya hanya berlangsung dua hari tapi mereka memiliki sekitar 1000 koleksi.” Ujar Bima.

Untuk kedepannya Bima berharap museum DPR RI dapat meningkatkan display agar dapat menarik banyak pengunjung untuk datang ke museum dan juga pemerintah dapat menjadikan museum menjadi pokok rekreasi bagi masyarakat.

[Penulis : Maria Stefia Diva Clearesta & Johan Rovino Cornelius Agripa]

Leave a comment