Buku-Buku yang Harus Kamu Baca Minimal Sekali Seumur Hidup

March 30, 2022
adminviaduct

Membaca buku merupakan sebuah investasi. Akan ada banyak perubahan yang dapat kamu alami mulai dari perubahan pola pikir sampai cara kamu memandang hidup karena kualitas dirimu bergantung pada kualitas dari bacaan yang sering kamu baca. Nah, kalau kata Mba Najwa Shihab, “kita cuma perlu satu buku untuk membuat kita jatuh cinta pada membaca.” Ini dia nih, tiga buku yang wajib kamu baca minimal sekali seumur hidup!

Atomic Habits: An Easy & Proven Way to Build Good Habits & Break Bad Ones – James Clear

Sumber: https://pin.it/7a8B3Fo

Kalau kamu memang gemar membaca, pasti pernah denger judul buku yang satu ini. Atomic Habits ialah buku terobosan dari James Clear yang menyajikan panduan paling menyeluruh tentang cara kamu mengubah kebiasaan atau cara membuat suatu rutinitas. Buku ini mengajarkan kamu bahwa semua hal yang kamu buat hari ini akan memberikan dampak pada masa depanmu.

Hanya dengan 1% tabiat kecil atau perubahan yang kamu lakukan setiap hari secara konsisten maka hasilnya akan besar bila digandakan dengan setahun atau 365 hari. Intinya kamu hanya perlu menjadi 1% lebih baik setiap harinya, loh. Gak heran sih waktu tahu buku ini berhasil jadi best-seller di berbagai negara.

Tapi setelah baca buku ini, jangan berharap kamu langsung berubah ya, karena ini tipe buku yang harus dibaca berkali-kali, dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari dan dievaluasi oleh diri sendiri.

Ikigai: The Japanese Secret to a Long and Happy Life — Francesc Miralles and Hector Garcia

Sumber: https://smgr8books.wordpress.com/2020/02/29/book-review-ikigai-japanese-secret-hector-garcia-francesc-miralles/amp/

Kamu tahu gak kalau menurut sebuah penelitian, orang Jepang dapat hidup lebih lama daripada orang di negara lain di dunia? Harapan hidup rata-rata mereka adalah sekitar 85,3 tahun. Wow… Buku in memberi tahu kita tentang makna dari “ikigai“, alternatif lain dari kata “passion”. Ikigai merupakan sebuah konsep hidup orang Jepang agar lebih bahagia dan berumur panjang.

Di dalam buku ini dijelaskan bahwa, ikigai sendiri dibagi menjadi empat garis besar, yaitu hal-hal yang kita sukai, hal-hal yang dibutuhkan dunia, hal -hal yang bisa membuahkan hasil, dan hal-hal yang kita kuasai. Orang-orang Jepang percaya bahwa setiap individu memiliki ikigai masing-masing, yang membuat mereka bersemangat untuk menjalankan kehidupannya.

How to Win Friends and Influence People — Dale Carnegie

Sumber: https://www.booksbeyond.co.id/index.php?route=product/product&product_id=276550

Kamu pasti familiar kan sama kata-kata “age like a fine wine“. Sejak buku ini pertama kali diterbitkan pada Oktober 1936, buku ini telah terjual sebanyak 15 juta copy di seluruh penjuru dunia dan masih laris terjual sampai sekarang. Buku ini memaparkan tentang cara bersosialisasi yang mungkin selama ini kamu tidak sadar kalau banyak sikapmu yang salah dan secara tidak langsung juga mengajarkan tentang etika supaya kamu bisa disukai oleh banyak orang dan menjadi sosok pemimpin.

Sehabis baca buku ini tuh serasa ditampar bolak-balik karena kamu pasti ingin mengintrospeksi diri di dalam dunia pertemanan. Oiya, terutama buat para introvert wajib nih punya buku How to Win Friends and Influence People. Kebayang kan, bakal seindah apa circle pertemanan kalau semua orang udah baca buku ini dan nerapin ilmu itu di kehidupan sehari-hari?

 

Penulis: Tika Siagian

Thumbnail: https://pin.it/7a8B3Fo

Leave a comment