Cita Rasa Khas Yogyakarta

April 28, 2021
adminviaduct

Siapa yang tidak mengenal kota Yogyakarta atau dalam Bahasa Jawa disebut Kutha Ngayogyakarta merupakan ibukota dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Terletak di tanah Jawa bagian Selatan, dan telah menjadi salah satu kota terbesar keempat di Pulau Jawa. Dalam tulisan kali ini, Viaduct Press ingin membagikan informasi mengenai sebagian dari kuliner – kuliner Kota Yogyakarta yang telah menempati dan mengambil hati sebagian besar masyarakat di Indonesia.

  • Gudeg

Siapa yang tidak mengenal Gudeg, kuliner dengan citarasa yang sedikit manis memiliki bahan utama yaitu nangka muda yang direbus selama beberapa jam dipadukan dengan bumbu tambahan berupa bawang putih, bawang merah, kemiri, biji ketumbar, lengkuas, daun salam, santan, dan gula aren.

Pada awalnya makanan ini hanya dikonsumsi oleh masyarakat biasa sejak abad ke 15  terutama pekerja supaya mendapatkan asupan yang layak, maka dari itu memasak gudeg selalu dengan porsi yang besar. Dalam memasak gudeg para pekerja menggunakan alat pengaduk serupa dayung, Teknik mengaduk tersebut disebut hangudek atau hangudeg. Dan dari situlah nama gudeg berasal.

Seiring berjalan waktu kuliner khas Yogyakarta ini menjadi makanan yang popular dab menjadu salah satu sajian  untuk tamu kerajaan dan kemudian gudeg semakin dikenal oleh berbagai kalangan di Indonesia.

Sumber : pergikuliner.com
  • Sate Klathak

Sate Klathak merupakan salah satu kuliner khas Yogyakarta yang memiliki ciri utamanya yaitu tusukan sate yang terbuat dari jeruji besi. Sate Klathak memiliki cita rasa yang khas walau hanya menggunakan bahan yang sederhana. Sate Klathak mudah ditemui di sepanjang jalan Imogiri, Bantul Yogyakarta.

Penyajian Sate Klathak dalam satu porsinya hanya berisi tiga sampai empat tusuk sate. Namun jangan salah tanggap, karena dalam satu tusuk sate berisikan potongan daging kambing yang memiliki ukuran yang tebal dan cukup besar. Selain itu sate kambing pada umumnya dilengkapi dengan bumbu kecap, namun sate klathak dilengkapi dengan kuah kare dan cabai rawit sebagai tambahan pelengkap.

Sumber : masakapahariini.com
  • Bakpia Pathuk

Menjadi salah satu kuliner yang kerap dijadikan buah jingjing bagi para pelancong yang sedang berkunjung atau berlibur ke kota Yogyakarta. Bakpia Pathuk mempunyai bentuk bulat pipih yang berisikan kacang hijau yang telah dicampur dengan gula. Kuliner ini berasal dari dataran Tiongkok dengan nama Tou Luk Pia yang berarti kue kacang hijau.

Kuliner kota Yogyakarta memiliki tempat dihati masyarakat Indonesia. Semoga setelah masa pandemi berakhir para pembaca yang memiliki rencana untuk melancong ke Yogyakarta dapat menikmati aneka kuliner khas kota tersebut.

Sumber : jpswisata.com

 

( Penulis : Wulan Nurasih Dian Putri )

Sumber Foto : kulinerasik.com

Leave a comment