Liga Mati Suri Akibat Izin Yang Tak Kunjung Diberi

May 4, 2021
adminviaduct

Shopee liga 1 , kasta tertinggi sepak bola indonesia yang diikuti 18 klub diseluruh penjuru tanah air berhenti akibat pandemic virus corona  ini yang membuat persepakbolaan di Indonesia ikut berhenti pula. Kasus semakin naik, PSBB diberlakukan dimana mana demi menekan kasus virus corona. Tak hanya di Indonesia, di dunia pun sepakbola juga sempat  mengalami mati suri dan liga yang tak berjalan akibat kasus virus corona  ini. Liga 1 sempat dimulai beberapa pekan sebelum dibekukan akibat pandemi ini.

Sempat mengalami drama-drama Panjang dan janji janji manis yang diberikan oleh PSSI bahwa sebentar lagi liga akan digelar Kembali nyatanya hingga sekarang belum mulai Kembali. Pihak liga dan para pemain merasa tidak adil karena kepolisian tidak memberikan izin untuk menggelar liga meskipun berbagai roda ekonomi mulai bergerak ditengah masa pandemi ini. Pihak PSSI ngotot untuk melanjutkan liga tanggal 1 Oktober 2020 kemarin tetapi Kepolisian Republik Indonesia sangat tidak menyarankan dan tidak memberi izin untuk digulirnya liga. Drama dimulai dan hingga sekarang liga tetap tidak mendapat izin dari kepolisian untuk menggelar pertandingan. Dengan kepentingan masing masing yang berbeda maka tak heran liga untuk saat ini mati suri.

 

Sumber : BolaSport.com

Bila diambil dari sudut pandang POLRI , mereka menilai bahwa kasus covid yang semakin naik setiap hari menjadikan mereka berat untuk mengizinkan bergulirnya liga ini. Dan bila dari sudut pandang para pelaku usaha ekonomi maupun para pemain dari sektor usaha ini menilai bahwa seharusnya dengan protokol yang diterapkan sama dengan di luar negeri harusnya sepak bola di negara kita dapat berjalan.

Menurut pendapat saya pribadi saya mendukung langkah POLRI karena bagaimana pun tujuan utama negara kita saat ini adalah memerangin pandemi ini bersama dan dengan pertimbangan matang seperti menghindari kerumunan serta agar polri serta seluruh elemen masyarakat dan pemerintah dapat memerangi pandemi ini Bersama sama. Memang benar liga diluar negeri dapat berjalan tanpa penonton dan melakukan protokol kesehatan sebagaimana mestinya. Tetapi setelah mempelajari kasus di Belanda yang kemudian mengizinkan liga berjalan, kasus di Belanda tiba-tiba naik drastis dan setelah di amati kasus ini naik akibat dari liga sepak bola mereka yang jalan kembali mengakibatkan orang berkumpul melakukan nonton bareng dan hal hal berkumpul lainya. Liga merupakan acara yang sangat panjang dengan setiap minggu bermain perpindahan pemain dari kota satu ke kota yang lainya memiliki jarak yang jauh berbeda dengan Eropa yang perpindahan antar tim yang bermain pada laga home dan away tidak terlalu berjauhan.

Langkah POLRI yang menilai secara umum berdasarkan kepentingan umum sudah tepat meskipun masih banyak pihak yang menyayangkan. Dengan kondisi yang sekarang sangat layak untuk liga ditunda sementara hingga waktu yang tak dapat ditentukan. Memang pihak PSSI dan penyelenggara Liga menyerukan dengan mengikuti semua protokol kesehatan yang ada tetapi melihat resiko yang ditampilkan tampaknya sangat masuk akal POLRI melarang digulirnya liga sepak bola ini.

 

( Penulis : Manatap Gurion ) 

Sumber Foto : pmjnews.com

Leave a comment