Makna lagu ” Sliver ” ciptaan band Nirvana

January 19, 2021
adminviaduct

Kalian pasti pernah mendengar band yang bernama Nirvana di kehidupan kalian masing – masing, yang beranggotakan 3 personil yaitu Kurt Cobain ( Gitar / Vokal ) , Krist Novoselic ( Bass ) dan Dave Grohl ( Drum ) . Mereka beraliran Alternative Rock dan dianggap sebagai pelopor utama dari sub genre Alternative Rock yang kerap disebut sebagai Grunge. Nirvana aktif pada tahun 1987 – 1994.

Nirvana telah menciptakan banyak lagu yang unik dan secara lirik sangat mendalam. Yang akan di bahas sekarang adalah lagu yang judul nya ” Sliver ” yang merupakan single yang dikeluarkan oleh Nirvana pada tahun 1990 dan kemudian di masukkan ke dalam album mereka yang bernama Incesticide pada tahun 1992.

Lagu ini ditulis oleh Kurt Cobain sendiri ini; menceritakan tentang kisah kehidupan nyata sang vokalis, yang di mana kita kenal dengan istilah broken home. Ia menceritakan bahwa pada saat ia kecil ia sering di caci maki oleh kedua orang tuanya yang kemudian cerai sehingga membuat Kurt Cobain mengalami depresi. Kurt Cobain harus berpindah tempat tinggal secara terus menerus (Tempat tinggal Ibu nya, Tempat tinggal ayah, tempat tinggal kakek dan nenek nya). Dalam lirik “Couldnt chew my meat to good” mempunyai arti bahwa kedua orang tua Kurt Cobain tidak memberi hal – hal yang sepatutnya sebuah anak butuh (afeksi / hiburan). Lirik “Grandma take me home!” mempunyai arti bahwa Kurt secara terus menerus ingin pulang, tetapi pulang ke rumah mana? Masa kecil Kurt Cobain kerap dihabiskan di rumah sang kakek dan nenek nya.

Moral yang dapat kita ambil adalah bahwa kasih sayang orang tua terhadap anak sangat lah penting dan komunikasi antar anak sangat lah penting. Buat kita nanti yang akan menjadi calon bapak/ibu ataupun yang sudah menjadi orang tua.

 

(Penulis: Jason Hadiman)

Leave a comment