Mari Ketahui Hukum Belanja Online Bersama Atma Jaya

January 19, 2021
adminviaduct

Saat ini dunia sedang dilanda banyak sekali masalah. Seperti perseturuan antara China dan Inda, masalah gempa dan tsunami di Turki, dan yang lebih parahnya lagi ialah masalah COVID-19 ( Corona Virus) makin bertambah. Apalagi di Indonesia sekarang sudah menjadi nomor satu di Asia Tenggara dengan kasus corona virus (COIVD-19) dengan sebanyak 413.000 kasus corona. Karena hal tersebut pemerintah pusat maupun daerah memberlakukan PSBB ( Pembatasan Sosial Skala Besar ) di kota-kota besar yang ada di Indonesia salah satunya adalah Jakrta pemegang kasus corona virus (COVID-19) dengan 106.000 kasus.

Dan karena itu banyak masyarakat yang melakukan semua kegiatan di rumah seperti bekerja, belajar, maupun berbelanja. Sebelum pandemi COVID-19 banyak masyarakat yang jarang berbelanja online, dan semenjaknya terjadi pandemic, belanja online menjadi salah satu solusi untuk memnuhi kebeutuhan sehari-hari. Dan karena hal tersebut Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya membuat webinar untuk memberitahu kepada mahasiswa dan masyarakat tentang tranasaksi online.

Webinar ini diselenggarakan pada tanggal 24 Oktober 2020, melalui aplikasi ZOOM. Webinar ini mengambil tema “BERBAGAI ASPEK HUKUM DALAM TRANSAKSI KONSUMEN SECARA DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19”. Dengan narasumber yang kompeten, yakni Dr. Ria Siombo, S.H., M.H. ; Dr.Yusuf Shofie, S.H., M.H. ; Ibu Selvi Sinaga, S.H., LLM, PhD ;dan Dr. Bernadetta Wulandari, S.H., M.H.

Dalam webinar ini banyak sekali materi-materi yang sangat berguna bagi mahasiswa, terutama mahasiswa hukum dan berguna sekali bagi masyarakat umum agar mengetahui aspek-aspek hukum dalam transaksi online. Dr. Ria Siombo, S.H., M.H. membawakan materi tentang “Kontrak Baku dalam Transaksi Online” , Dr.Yusuf Shofie, S.H., M.H. membawakan materi tentang “ Penegkan Hukum Hak-Hak Konsumen”, Ibu Selvi Sinaga, S.H., LLM, PhD membawakan materi  tentang “Perlindungan Konsumen di ASEAN”, dan yang terakhir Dr. Bernadetta Wulandari, S.H., M.H. membawakan materi tentang “ Transaksi Digital dalam Persepektif Hak dan Kewajiban Hukum”.

Semua narasumber yang hadir dalam webinar tersebut membawakan materinya dengan sangat bagus yang membuat para peserta tertarik dalam memperhatikann dan mempelajari materi tersebut dan tidak bosan. Oleh karena itu saya sangat ingin mengikuti lagi webinar yang diadakan oleh  Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UNIKA Atmajaya).

( Penulis: Yohannes Beethoven )

 Sumber Foto: Atma Jaya Jakarta 

Leave a comment