Menolak Menggunakan Masker

October 2, 2020
adminviaduct

Masker merupakan pilihan utama bagi masyarakat seluruh dunia jika ada kegiatan yang harus dilakukan di luar rumah, tentunya untuk melindungi kontak langsung dengan orang lain yang diharapkan untuk mencegah tertular virus corona yang tiap harinya memakan korban. Penggunaan masker juga sudah menjadi “New Normal” dalam kegiatan bermasyarakat, serta banyak juga toko-toko, perkantoran, dan tempat kegiatan lain yang mewajibkan pengunjungnya menggunakan masker.

Banyak kali kasus di media yang menyorot beberapa pihak masyarakat yang menolak penggunaan masker, namun perdebatan panjang terjadi antara orang-orang tersebut dan pihak kepolisian yang menegur, dan bahkan menghukum. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu pada 27 Juli 2020 di Makassar, seorang driver ojol yang tidak menggunakan masker diberhentikan pihak Satpol PP dan marah-marah saat di tegur. Akhirnya driver ojol tersebut dihukum dengan caranya kerja bakti.

Pada contoh kondisi di atas, siapa yang salah? Peraturan wajib menggunakan masker adalah peraturan yang tercantum dalam peraturan Pemerintah untuk melakukan PSBB, setelah PSBB selesai, aturan-aturan yang terkandung didalamnya juga sudah selesai. Jadi setelah PSBB, semua tergantung rasa tanggung jawab pribadi masing-masing terhadap dirinya dan terhadap anggota masyarakat lainnya.

Penggunaan masker dalam masyarakat bisa menjadi sebuah kewajiban jika pemerintah mengeluarkan kebijakan peraturan atas penggunaan masker sehingga terbentuk masyarakat yang nyaman dalam kondisi pandemic Covid-19 yang sekarang masih terus terjadi.

Amerika Serikat merupakan bagian dunia yang sedikit kontroversial karena Amanden ke 2 mereka yang melindungi masyarakatnya dalam kebebasan berbicara. Banyak demo dan protes yang dilontarkan beberapa bagian masyarakat yang menolak kewajiban penggunaan masker di tempat-tempat umum, karena menurut mereka masker tidak efektif dalam fungsinya memapas korban Covid-19 dan banyak faktor-faktor dan cara-cara yang lebih efektif dalam menyikapi virus Corona daripada hanya meminta masyarakatnya menggunakan masker.

 

(Oleh : George Yoel Leonard)

Leave a comment