Moto GP Telah Usai, Saatnya Berlibur di Tanah Mandalika

April 3, 2022
adminviaduct

Siapa yang tak tahu Mandalika? Tempat yang terletak di selatan Pulau Lombok ini terkenal akan resort cantik dan pemandangan indahnya. Mandalika juga memiliki sirkuit balap yang sedang menjadi salah satu perbincangan hangat karena acara Moto GP yang dilaksanakan di sana.  Mandalika sejak dulu terkenal sebagai hidden gem bagi para perselancar, memiliki salah satu pantai dengan pasir putih terindah di Indonesia yaitu Pantai Tanjung Aan, Serenting, Gerupuk, hingga Seger yang masing-masing menawarkan hal yang berbeda untuk dinikmati wisatawan. Pantai Seger sendiri menjadi rekomendasi utama jika kalian pergi ke Mandalika, wisatawan dapat mengagumi fenomena alam yang indah dan menikmati pengalaman budaya yang unik. Festival Bau Nyale yang semarak diadakan setiap tahun pada minggu terakhir bulan Februari adalah salah satunya, orang-orang berdatangan untuk melihat kemunculan cacing laut Nyale di awal hari. Dikatakan bahwa jika dapat menangkap cacing laut Nyale akan mendatangkan keberuntungan. Namun, festival ini tidak hanya sekadar menyendoki cacing laut dari air, kemeriahan berjalan selama seminggu yang termasuk kompetisi selancar, dialog kreatif, pameran kuliner, hingga kontes fotografi.

Pantai Seger
sumber: tribuntravel.com

Selagi Anda berada di Pantai Sefer, carilah Putri Mandalika. Legenda lokal Lombok yang diabadikan dalam bentuk patung di sepanjang pantai. Menurut sejarah, Putri Mandalika adalah seorang wanita yang sangat cantik, lembut, hangat, dan baik hati. Sehingga di kemudian hari pangeran dari kerajaan lain mencoba memenangkan hatinya tetapi tidak satupun menarik perhatian sang Putri Mandalika. Terluka akan penolakan tersebut, dua pangeran kemudian mengancam Kerajaan Mandalika yang membuuat sang putri harus memilih salah satu dari mereka atau kerajaannya akan hancur. Untuk melindungi kerajaan dan martabatnya, sang putri mengundang para pangeran tersebut ke perbukitan kemudian ia mengorbankan dirinya di depan semua orang di sana dengan cara melompat dari bukit ke laut.

Patung Putri Mandalika
sumber: goodnewsfromindonesia.id

Berbicara tentang legenda sang putri yang mengorbankan dirinya di perbukitan, Mandalika juga memiliki perbukitan yang indah. Wisatawan dapat pergi ke Bukit Merese untuk melihat sudut pandang yang berbeda dari Mandalika. Anda dapat memulai ekspedisi di Bukit Merese sekitar pukul 04.00 pagi dan cahaya pagi akan membuat anda tercengang saat melihat Samudra Hindia yang biru terbentang luas.

Sunrise di Bukit Merese
sumber: tribuntravel.com

Untuk menikmati indahnya Mandalika, Anda dapat mengambil penerbangan ke Bandara Internasional Lombok. Penerbangan tersedia dari berbagai kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, dan Bali. Dari Jakarta penerbangan akan memakan waktu sekitar 2 jam, sedangkan dari Bali yang terdekat hanya memakan waktu sekitar 30 menit, dari Bali juga Anda dapat naik kapal feri dari Pelabuhan Padang Bai ke Pelabuhan Lembar di Lombok, dari sana anda bisa naik bus, taksi, atau sewa kendaraan menuju Mandalika yang akan memakan waktu sekitar 2-3 jam.

 

Penulis: Fortunela Diva Saskia

Thumbnail: sports.okezone.com

Leave a comment