PHK di tengah Pandemi COVID-19?

January 19, 2021
adminviaduct

Pemutusan Hubungan Kerja atau yang biasa disingkat PHK menjadi salah satu hal yang sangat ditakuti dan meresahkan para pekerja. Seperti yang kita ketahui, dalam masa pandemi COVID-19 ini banyak masyarakat di Tanah Air yang terkena PHK. Hal ini sangat disayangkan karena disaat kita semua sedang berjuang menghadapi pandemi COVID-19, ada beberapa pihak yang lebih dirugikan dengan adanya PHK yang menimpa dirinya. Keputusan PHK yang dibuat beberapa perusahaan akan sangat berdampak bagi kelangsungan hidup para pekerja dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini. Bagaimana mungkin para pekerja yang kehilangan pekerjaan dapat membiayai kebutuhan hidup bagi keluarganya jika tidak ada pemasukan yang diterima?

Beberapa perusahaan yang mengambil keputusan PHK bagi para pekerjanya kemungkinan besar diakibatkan oleh berdampaknya pemasukan yang diterima oleh perusahaan tersebut. Keputusan tersebut diambil untuk menyelamatkan perusahaan agar terhindar dari kebangkrutan. Namun bagaimana dengan nasib para pekerja yang terkena PHK? Bagaimana mereka bisa menghidup keluarga jika tidak mempunyai pekerjaan? Perusahaan sangat diharapkan untuk meminimalisir PHK, karena tingkat pengangguran di Indonesia sudah sangat tinggi.

Untuk dapat mencegah terjadinya PHK dalam suatu perusahaan, kiranya perusahaan tersebut dapat meminimalisir pengeluaran, memotong gaji pekerja, memotong bonus dan Tunjangan Hari Raya (THR), dll. Perusahaan sangat diharapkan mengurangi PHK para pekerja, agar kelangsungan hidup para pekerja dapat terus berjalan dan dapat mengurangi tingkat pengangguran yang terjadi di Indonesia ini. Bantuan dari pemerintah juga sangat diharapkan perusahaan dan para pekerja yang terkena dampak dari PHK di masa pandemi COVID-19 ini.

Pemerintah kiranya juga dapat membuka lapangan pekerjaan baru yang dibutuhkan di masa pandemi COVID-19 bagi para pekerja yang kehilangan pekerjaan. Hal tersebut tentu akan membantu masyarakat yang kesulitan untuk bertahan hidup dalam masa pandemi yang sangat merugikan banyak pihak.

Tentu saja kita semua berharap agar pandemi COVID-19 ini segera berakhir, sehingga perekonomian di Indonesia dapat Kembali berjalan dengan lancar. Dengan begitu, perusahaan tidak perlu lagi merumahkan atau mengambil keputusan PHK untuk para pekerjanya, dan tingkat pengangguran di Indonesia akan berkurang.

 

(Penulis: Maria Stefia Diva Clearesta)

Leave a comment