Physical Distancing not Social Distancing

January 19, 2021
adminviaduct

Dikarenakan pandemi covid-19 yang tak kunjung usai, hampir 8 bulan lebih kita sudah melakukan segala kegiatan melalui daring. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Fakultas Psikologi UNIKA Atma jaya melalui daring adalah webinar. Webinar ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Oktober 2020 melalui aplikasi zoom meeting. Dengan nama auxilium “physical distancing not social distancing” webinar ini dilaksanakan untuk memperingati hari kesehatan mental sedunia.

Pembicara yang dihadirkan antara lain Aenea Marella, S. Psi., M. Psi sebagai salah satu dosen FPUAJ sekaligus psikolog klinis dan juga Adam A. Abednego sebagai co-founder and the heart of menjadi manusia. Melalui webinar ini kita diharapkan tetap memberikan dukungan dan kepedulian terhadap sesama kita, karena hal tersebut merupakan salah satu hal yang dibutuhkan setiap orang saat ini. Bagaimana setiap orang memiliki masalah dan kesulitannya masing-masing yang harus dihadapi selama pandemi ini.

Menurut Adam Afarez Abednego, salah satu kesulitan yang kita hadapi adalah tidak ada interaksi dengan dunia luar, sehingga tidak bisa bertemu dengan orang baru. Dia mengatakan bahwa, kita selalu merasa masalah kita paling berat karena kita tidak menemukan orang baru. Inilah salah satu kesulitan atau masalah serius selama pandemi ini, kebosanan atau mumetnya pikiran karena tidak berinteraksi dengan dunia luar. Biasanya kita bisa bertemu dengan teman, untuk saling bertukar pikiran, berkeluh kesah dan bercerita tentang apapun kini hanya bisa dilakukan melalui video call yang pasti rasanya akan berbeda.

Itulah yang sebenarnya berbahaya, bukan hanya tidak baik untuk kesehatan mental tetapi juga akan menjadi masalah bagi imun tubuh, yang mana saat ini kita membutuhkan imun yang maksimal. Orang akan merasa sendiri atau kesepian, tidak tau ingin cerita dengan siapa. Ini yang menjadi konsentrasi serius bagi Aenea Marella, bagaimana kehadiran orang-orang yang ada disekeliling kita menjadi hal yang penting, ntuk mendukung dan menguatkan satu sama lain.

(Penulis: Alva Radimpos Exaudio)

Leave a comment