Santet Di Film Sewu Dino Dapat Dipasalkan KUHP Baru?

September 8, 2023
adminviaduct

Film Sewu Dino menjadi salah satu film yang sukses dikarenakan ketenaran akan santet Sewu Dino dan meraih 4,3 juta penonton. Film tersebut bercerita mengenai Sri yang menerima tawaran pekerjaan dengan harga yang lumayan dan ditugaskan ritual pembersihan untuk Dela Atmojo, seorang gadis yang terkena santet Sewu Dino yang berasal dari keluarga pesaing bisnis Atmojo yaitu keluarga Kuncoro. Santet adalah salah satu hal yang masih sering diyakini oleh masyarakat Indonesia. Tetapi sebagian orang, hal tersebut dianggap rekayasa dan masih pro dan kontra sehingga masih sering perdebatan apalagi di Indonesia dimana sebagian masih berpikir tradisional dan sebagiannya lagi modern.

Sumber: Dokumentasi pribadi

 

Meskipun seperti itu di Indonesia memiliki pasal yang berisikan tentang Santet pada KUHP yang baru diresmikan pada tahun 2022, terdapat pasal mengenai santet dalam Pasal 252 ayat (1) KUHP ancaman hukuman pidana bagi orang bisa melakukan santet “Setiap Orang yang menyatakan dirinya mempunyai kekuatan gaib, memberitahukan, memberikan harapan, menawarkan, atau memberikan bantuan jasa kepada orang lain bahwa karena perbuatannya dapat menimbulkan penyakit, kematian, atau penderitaan mental atau fisik seseorang, dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun 6 (enam) Bulan atau pidana denda paling banyak kategori IV”. Lalu pertanyaannya jika dalam film Sewu Dino Kuncoro melakukan santet apakah dapat dikenakan Pasal 252?

Menurut penulis sendiri tidak bisa, karena jika kejadian tersebut nyata adanya hal itu akan sulit untuk dibuktikan dan apakah orang tersebut benar-benar dapat menggunakan santet. Dalam penyidikan, Polisi akan kesulitan untuk menemukan bukti perbuatan santet karena persoalan santet masih menjadi hal yang tidak pasti. Polisi tidak memiliki ilmu pengetahuan mengenai santet. Polisi tidak boleh membuat penafsiran yang tidak memiliki dasar hukum yang cukup kuat untuk membuktikan bahwa kondisi Dela Atmojo adalah hasil dari santet keluarga Kuncoro. Tetapi jika Kuncoro sendiri dapat dibuktikan dapat menggunakan kekuatan gaib meskipun tidak menggunakan santet, Kuncoro dapat terkena Pasal 252 dikarenakan Pasal ini sendiri dipergunakan untuk mencegah dan meminimalisasi hal-hal seperti santet.

 

Penulis: Putri Ariska Dinanti

Thumbnail: Dokumentasi Pribadi

Leave a comment