Serba-serbi Jenis Lapangan Futsal

October 1, 2020
adminviaduct

Futsal merupakan salah satu olahraga yang digandrungi oleh masyarakat indonesia, dimainkan 5 vs 5 orang dan lapangan yang cenderung lebih mudah ditemukan diindonesia. Perlahan nama futsal menjadi trend karena prestasi yang ditorehkan oleh timnas futsal yang merupakan 10 tim terbaik di asia membuat masyarakat muda suka bermain futsal.

Sumber : pribadi, Lokasi : bidadari futsal, kayu putih , jakarta timur.

Lapangan vinyl

Merupakan jenis lapangan yang paling sering digunakan untuk mengadakan event atau turnamen turnamen futsal. Kelebihan dari lapangan ini adalah bagian lantai yang tidak keras dan cenderung empuk sehingga meminimalisir cedera akibat terjatuh. Lapangan vinyl juga tidak mudah rusak dan perawatan yang tidak terlalu sulit dibanding jenis lapangan lain, sementara kekurangan dari jenis lapangan ini adalah harga yang lebih mahal serta dibeberapa lapangan biasa lapangan ini terkenal licin.

Lapangan sintetis.

Sumber : pribadi , Lokasi: the gading residence, kelapa gading, jakarta utara.

Jenis lapangan ini sering digunakan untuk bermain have fun saja. Biasa jenis lapangan ini sering digunakan oleh orang orang yang berumur 30 tahun keatas karena entah mengapa sensasi lapangan rumput tidak terlalu menguras energi terlalu banyak. Lapangan ini memang terlihat lebih seperti lapangan sepak bola

karena ada rumputnya. Kelebihan lapangan ini memiliki harga yang lebih murah dibanding harga lapangan lain sementara kekurangan lapangan ini lebih ke arah pergerekan bola diatas rumput lapangan yang cenderung melambat. Ciri khas dari lapangan ini adalah terdapat butir butir kecil berwarna hitam yang merupakan karet dari lapanangan.

Lapangan semen/ beton.

sumber: pribadi, lokasi: komplek gading indah , kelapa gading, jakarta utara

Merupakan lapangan futsal yang berbahan dasar semen dan beton yang biasa digunakan oleh lapangan sekolah SMA atau lapangan komplek rumahan . Lapangan ini cenderung biasa outdoo,  Lapangan ini cenderung memiliki harga yang murah dan perawatan yang mudah. Kelebihan lapangan ini adalah mudah ditemui dan alur bola biasa cepat dan halus serta  apabila jatuh akan menyebabkan luka gesek yang cukup menyakitkan dan membuat pemain rentan cedera.

 

 

 

Lapangan karpet plastik

Sumber: dokumentasi pribadi,
Lokasi: planet futsal Artha gading, kelapa gading, jakarta utara

Lapangan ini secara sekilas mirip dengan lapangan vinyl akan tetapi jika kita merasakan saat berlari akan berbeda karena bahan dasar yang digunakan berbeda. Lapangan jenis ini cenderung memiliki tingkat standard kualitas tinggi. Kelebihan lapangan ini adalah tidak terlalu licin maupun keset sehingga pas untuk diadakan turnament berskala nasional. Lapangan empuk sehingga meminimalisir cedera. Kekurangan lapangan ini adalah harga yang dipatok biasa mahal dan biasa permukaan terkadang kurang rata.

 

 

 

(Oleh : Manatap Gurion)

Leave a comment