Suku Aztec

October 1, 2020
adminviaduct

Suku Aztec merupakan suku yang berada di benua Amerika, tepatnya di Meksiko bagian tengah yang berkembang pada zaman Pascaklasik sejak 1300 sampai 1521 tarikh masehi. Suku Aztec merupakan suku yang bisa dibilang unik karena suku ini mempunyai banyak tradisi yang tidak biasa dilakukan oleh suku lain.

Menurut legenda, suku ini berasal dari suatu tempat bernama Aztlan yang sebenarnya tidak diketahui secara pasti lokasi keberadaannya. Dari sejarah lisan suku Aztec diketahui bahwa selama bertahun-tahun mereka mengembara mencari tempat tinggal. Hingga pada tahun 1200-an mereka sampai di Lembah Meksiko yang telah didiami orang Indian lain.

Suku Aztec memiliki tradisi dan ritual yang bisa terbilang mengerikan. Karna kepercayaan mereka pada banyak dewa atau yang disebut Politheis. Setiap berhasil mengalahkan atau merebut sebuah wilayah, suku Aztec menambahkan semua dewa dari wilayah taklukan tersebut ke agama mereka. Suku Aztec meyakini bahwa bantuan para dewa untuk keberlangsungan hidup mereka membutuhkan imbalan melalui pengorbanan. Dalam kepercayaan suku ini terdapat tiga dewa utama yaitu Huitzilopochtli, Quetzalcoatl, dan Tezcatlipoca yang telah mengorbankan diri dengan memberikan jantung mereka kepada matahari.

Sejarah berkata ritual Suku Aztec telah menyebabkan hilangnya puluhan ribu lebih nyawa manusia. Darah dan jantung para tumbal dianggap sebagai air bagi para dewa. Upacara pengorbanan dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu memilih korban, kemudian korban dibawa ke altar dalam kuil, kemudian pendeta melakukan eksekusi dengan cara merobek dada dan mengambil jantung pada saat korban masih bernafas. Kemudian jantung tersebut dibakar lalu mayat korban dilempar dari atas piramida. Ada juga pengorbanan anak-anak dan perawan.

 

(Oleh: Hendrick Samuel)

Leave a comment