Vaksin Booster Memperkuat Imunitas, Tapi Sampai Suntikan ke Berapa?

March 18, 2022
adminviaduct

Teman-teman kabar baik, nih! Sekarang vaksin lanjutan ketiga atau oleh pemerintah disebut dengan vaksin booster sudah bisa diambil di rumah sakit, puskesmas, dan penyelenggara setempat. Vaksin lanjutan ini menjadi imunitas tambahan bagi tubuh kita untuk menghindari potensi terjangkitnya virus COVID-19 yang sampai saat ini masih melanda, bahkan sampai menelan korban jiwa.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyelenggarakan pelaksanaan vaksinasi booster melalui Surat Edaran No. HK.02.02/11/252/2022 tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Lanjutan  (BOOSTER). Menurut Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Maxi Rein Rondonowu, terjadi penurunan antibodi atau imunitas pada orang yang sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis primer lengkap setelah 6 bulan. Oleh karena itu sangat dibutuhkan vaksinasi lanjutan/vaksinasi booster untuk meningkatkan imunitas tubuh terhadap virus COVID-19.

Beruntungnya saya mendapatkan tiket dosis ketiga sejak tanggal 9 Januari 2022, yang bisa kita lihat dalam halaman Peduli Lindungi. Dosis ketiga saya ambil di SMA Kolese Kanisius, Menteng Raya, Jakarta Pusat, yang diselenggarakan oleh ProSehat. Sebelum mengambil dosis ketiga, tentu kita harus memenuhi syarat-syarat yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan melalui surat edaran, yaitu:

  1. Calon penerima vaksin menunjukkan NIK dengan membawa KTP/KK atau melalui aplikasi Peduli Lindungi;
  2. Berusia 18 tahun ke atas; dan
  3. Telah mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap minimal 6 bulan sebelumnya.
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Pada pemberian dosis ketiga, saya diberikan dosis Vaksin Pfizer. Saya sempat bertanya kepada salah satu Tenaga Kesehatan, Kak Maya, yang sedang bertugas. Saya menanyakan alasan saya diberikan dosis Vaksin Pfizer dan potensi efek samping lanjutan setelah saya menerima dosis Vaksin Pfizer. Lalu, ia menjawab, “Diberikan Vaksin Pfizer karena untuk orang yang menerima dosis primer Sinovac akan diberikan Vaksin Pfizer atau Astra Zeneca dengan separuh dosis, untuk efek samping, tentu ada akan tetapi tidak akan seburuk efek samping setelah menerima dosis primer karena dosis yang diberikan hanya 0,15 ml (separuh dosis/half dose). Jadi, teman-teman jangan takut jika ingin melakukan vaksinasi lanjutan. Selain dosis yang diberikan tidak sepenuhnya, vaksinasi lanjutan ini diberikan untuk meningkatkan imunitas tubuh kalian yang sempat terjadi penurunan setelah vaksinasi dosis primer sebelumnya.

Lalu pertanyaannya sekarang, sampai kapan akan terjadi penurunan imunitas tubuh setelah vaksinasi booster? Apakah pemerintah akan menyelenggarakan vaksinasi lanjutan lagi? Selain itu, sedang beredar varian baru COVID-19 dan varian virus COVID-19 yang telah muncul sebelumnya, yang telah menularkan sebanyak 50.771 orang dalam kurun waktu 7 hari ke belakang. Bagaimana sikap dan tanggapan pemerintah akan hal tersebut?

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan, Dr. Siti Nadia, belum ada program vaksinasi lanjutan setelah program vaksinasi lanjutan ketiga. Hal tersebut dikarenakan tidak ada penelitian yang menyebutkan vaksinasi lanjutan diperlukan setelah program vaksinasi lanjutan ketiga. Ia menjelaskan lagi, kondisi pandemi sekarang sudah berubah menjadi endemi. Hal ini merupakan sebuah kabar baik setelah dua tahun lamanya pandemi COVID-19 berjalan, dikutip dari health.detik.com. Selain itu, pemerintah sangat positif dalam menanggulangi dan mengatasi penyebaran COVID-19 melalui program-program yang sudah berjalan baik sampai sekarang ini. Kabar baik terakhir nih buat teman-teman, perlindungan vaksin dosis ketiga COVID-19 dapat bertahan selama 6-7 bulan semenjak diberikan vaksin.

Penulis: Gregorius Jeremia Sinyo Roong

Thumbnail: lifestyle.bisnis.com

Leave a comment